By | September 22, 2021

Mendapatkan kandidat terbaik adalah impian setiap perusahaan. Sayangnya, untuk mewujudkan hal tersebut terkadang tak semudah yang dibayangkan. Diperlukan penerapan teknik dan strategi rekrutmen yang benar-benar tepat.

Lantas, seperti apakah strategi rekrutmen karyawan yang tepat yang harus kamu terapkan di perusahaan? Berikut beberapa strategi rekrutmen yang efektif untuk memikat kandidat terbaik.

  1. Membangun employer branding
    strategi rekrutmen membangun employer branding

Employer branding dapat meningkatkan kualitas kandidat dalam proses rekrutmen – EKRUT

Salah satu strategi rekrutmen yang efektif untuk menarik kandidat terbaik bisa kamu mulai dengan membangun employer branding yang kuat. Penelitian menyebutkan bahwa perusahaan dengan employer brand yang baik dapat menaikkan jumlah pelamar yang berkualitas hingga 50%.

Sayangnya meski terbilang efektif, cara ini sedikit lebih sulit karena memerlukan waktu yang panjang dan modal yang tidak sedikit.

Meski begitu, melihat dampak positif jangka panjang yang dapat perusahaan terima dari employer branding, tidak ada salahnya jika kamu mulai membangun employer branding sebagai strategi rekrutmen dalam perusahaan dari sekarang.

Mulailah membangun employer branding dengan menganalisa keunikan perusahaan, merancang pesan selaras dengan nilai perusahaan, membangun keterlibatan karyawan dan memilih channel penerapan dengan tepat.

  1. Manfaatkan kekuatan media sosial
    strategi rekrutmen memanfaatkan media sosial
    Media sosial menjadi saluran rekrutmen yang efektif terutama untuk menyasar millenial – EKRUT

Bila kamu ingin menggaet kandidat berkualitas dari generasi millenial, pastikan untuk memasukan media sosial ke dalam strategi rekrutmen karyawan di perusahaan.

Platform yang satu ini dapat kamu gunakan tidak hanya untuk mengiklankan lowongan pekerjaan, namun juga menemukan bakat, dan berkomunikasi langsung dengan para kandidat potensial lainnya.

Meski demikian, samahalnya seperti membangun employer brand, strategi rekrutmen memanfaatkan media sosial tidak sesederhana hanya membuat profil dan menjangkau kandidat.

Kamu harus terus menjaga persona di media sosial dengan strategi yang tepat dan secara aktif terus melibatkan keterlibatan pengikut di media sosial guna mendukung reputasi dan melancarkan strategi rekrutmen yang tengah kamu jalankan.

  1. Tingkatkan kualitas interview kerja
    strategi rekrutmen meningkatkan kualitas interview kerja
    Kualitas wawancara kerja akan memengaruhi motivasi kandidat untuk bergabung ke perusahaan – EKRUT

Bila selama ini kamu bertanya-tanya kenapa kandidat seringkali menolak tawaran kerja padahal gaji yang kamu berikan cukup tinggi, cobalah evaluasi proses wawancara kerja yang telah kamu lakukan.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pengalaman wawancara kerja dengan kesan buruk dapat mengubah pendapat kandidat terhadap perusahaan yang mereka minati. Karena itu evaluasi kembali proses dan kualitas wawancara kerja yang selama ini telah kamu lakukan.

Pastikan proses tersebut membuat kandidat puas karena mereka mendapatkan informasi yang tepat mengenai peran dan skill yang dicari serta kesempatan untuk bertanya pada perekrut.

Sehingga meskipun pada akhirnya mereka tidak mendapatkan peran tersebut, citra positif perusahaan sebagai pemberi kerja tetap dapat dipercaya.

Baca juga: 6 pertanyaan untuk dapatkan kandidat berkualitas

  1. Merancang deskripsi pekerjaan yang menarik
    strategi rekrutmen merancang deskripsi pekerjaan

Penting untuk menciptakaan deskripsi pekerjaan yang menarik kandiat

Jika kamu ingin hasil yang maksimal dalam strategi rekrutmen perusahaan di tahun ini, mungkin ada baiknya kamu memperbaiki deskripsi pekerjaan yang kamu buka.

Pasalnya, membuat deskripsi pekerjaan dengan ringkas dan lengkap tidak selalu berhasil menarik minat kandidat.

Kamu butuh kreativitas dalam merancang deskripsi pekerjaan yang khas, sehingga deskripsi tersebut tidak hanya mampu menampilkan nilai-nilai perusahaan, tapi juga dapat memikat kandidat.

daftar EKRUT sekarang

  1. Buat program referensi karyawan
    strategi rekrutmen program referensi karyawan

Berikan penghargaan pada karyawan yang telah memberi rujukan kandidat terbaik untuk perusahaan – EKRUT

Strategi rekrutmen lain yang dapat kamu pertimbangkan adalah dengan membuat program referensi karyawan.

Dengan membuat program ini kamu bisa mendapatkan rujukan siapakah orang-orang yang tepat untuk menduduki posisi yang dibuka di perusahaan.

Selain membuka peluang mendapat kandidat terbaik, menerapkan program ini juga bisa menjadi cara lain untuk meningkatkan kepuasan karyawan.

Pasalnya, kamu dapat memberikan insenstif sebagai bentuk balas jasa terhadap karyawan yang sudah memberikan rujukan kandidat-kandidat terbaik untuk bergabung bersama perusahaan.

  1. Cari kandidat pasif

strategi rekrutmen kandidat pasif – EKRUT

Kandidat pasif patut kamu pertimbangkan dalam strategi rekrutmen

Terkadang cara tepat dalam strategi rekrutmen karyawan yang efektif adalah dengan mengincar kandidat-kandidat yang tidak sedang aktif mencari kerja.

Penelitian menyebutkan bahwa 85% karyawan di dunia tidak keberatan mengubah pekerjaan mereka demi kesempatan yang lebih baik. Itu sebabnya tak ada salahnya untuk melakukan pendekatan pada kandidat-kandidat pasif dari sekarang.

Meski begitu, ingatlah buatlah proses rekrutmen menjadi lebih mudah dan gampang agar mereka pun termotivasi untuk menerima tawaran perekrutan dari perusahaanmu.

Baca juga: Intip cara terbaik untuk rekrutmen online

  1. Pertimbangkan rekrutmen virtual
    strategi rekrutmen – EKRUT

Banyak perusahaan mulai mengadopsi strategi virtual hiring

Bila selama ini kamu hanya mengandalkan cara perekrutan konvensional, maka ini saatnya kamu untuk mengembangkan strategi rekrutmen karyawan dengan rekrutmen online atau virtual hiring.

Menerapkan strategi virtual hiring akan membantumu menjangkau lebih banyak kandidat dengan lebih cepat. Baik perusahaan maupun kandidat sendiri juga akan merasa dimudahkan dalam prosesnya.

Lagipula strategi rekrutmen online akan sangat pas dilakukan mengingat situasi banyaknya pekerja yang bekerja dari rumah karena dampak COVID-19 seperti beberapa waktu belakangan ini.

Pasalnya karena karyawan bekerja dari rumah, mereka jadi dapat lebih mudah dihubungi oleh perekrut. Beberapa perusahaan besar seperti Google, Amazon, dan Facebook adalah salah satu yang telah mengadopsi strategi rekrutmen ini dalam beberapa waktu terakhir.

Jika kamu ingin menerapkan strategi rekrutmen virtual ini, kamu juga dapat memanfaatkan platform talent marketplace seperti EKRUT. Tidak hanya dapat membantumu melakukan seleksi kandidat untuk mencari yang terbaik, EKRUT juga menyediakan fitur-fitur yang mempermudah pelaksanaan rekrutmen kamu dengan kandidat secara virtual.

Contohnya, kandidat yang mendapat undangan wawancara oleh melalui EKRUT berkomunikasi dengan perusahaan melalui chat untuk meminta perubahan model wawancara menjadi phone interview. Jadi baik perekrut maupun kandidat tetap sama-sama bisa melanjutkan proses rekrutmen meski hanya #dirumahaja.

Nah, dengan melihat beberapa strategi rekrutmen yang efektif ini, sekarang waktunya kamu untuk mulai melakukan evaluasi dan merancang kembali strategi terbaik yang dapat kamu lakukan untuk merekrut kandidat terbaik di sepanjang tahun ini.