Pentingnya Pendidikan Bagi Kita dan Masa depan

Pentingnya Pendidikan Bagi Kita dan Masa depan

Pentingnya pendidikan tidak boleh diremehkan. Selain menjadi sarana untuk menambah wawasan, pendidikan bisa mengasah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan perekonomian, hingga menciptakan kesempatan kerja yang lebih baik.

Sayangnya, sebagian orang mungkin masih meremehkan manfaat pendidikan di dalam kehidupannya. Oleh karena itu, simaklah penjelasan mengenai pentingnya pendidikan berikut ini.

Apa itu pendidikan?

Sebelum mengintip pentingnya pendidikan, ada baiknya Anda juga memahami apa itu pendidikan.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah bagian penting dari kehidupan bermasyarakat. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa pendidikan perlu ditanamkan sejak dini.

Pentingnya pendidikan untuk semua kalangan

pentingnya pendidikan bagi anak
Pentingnya pendidikan tak boleh diremehkan.Β 

Menanamkan pentingnya pendidikan sejak dini sangatlah krusial dan sebaiknya tidak diabaikan. Berikut adalah manfaat pendidikan yang perlu dipahami.

1. Menjadi fondasi masa depan

Pendidikan yang baik bertindak seperti fondasi pada diri yang dapat membentuk masa depan cerah. Lewat pendidikan, Anda akan belajar mengolahΒ kemampuan kognitifΒ sekaligus social, dan mempersiapkan diri untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2. Membangun karakter

Pendidikan bukan hanya melulu berkutat pada pelajaran sesuai kurikulum, seperti matematika atau sejarah, tetapi juga pembangunan karakter.

Dengan pendidikan yang layak, seseorang akan dilatih untuk memiliki kepribadian yang baik sesuai yang harapan masyarakat.

3. Memaksimalkan potensi

Makna pendidikan bagi manusia selanjutnya adalah memaksimalkan potensi atau bakat yang dimiliki seseorang.

Setiap orang memiliki potensi atau karakternya masing-masing yang dapat dimaksimalkan melalui sarana pendidikan yang tepat.

Seseorang yang mendapat pendidikan sejak dini berpeluang untuk hidup dengan lebih mandiri sekaligus mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

4. Meningkatkan taraf hidup

Lewat pendidikan, seseorang akan memiliki kesempatan di masa depan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dibanding saat ini.

Pentingnya pendidikan tinggi tersebut mungkin tidak akan bisa dilihat dalam waktu dekat, tetapi manfaatnya dapat dipetik ketika seseorang masuk ke dalam dunia kerja dan berhasil mendapatkan penghasilan yang mampu meningkatkan taraf hidupnya.

5. Mengurangi angka kejahatan

Sebuah riset yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan anak yang teredukasi dengan baik memiliki kemungkinan lebih kecil untuk melakukan tindak kriminal dan masuk penjara. Sebaliknya, persentase kriminalitas semakin tinggi jika anak tidak sekolah atau putus sekolah sebelum lulus SMA.

Di Indonesia sendiri, pemerintah mewajibkan anak belajar selama 12 tahun yang dimulai sejak tingkatΒ sekolah dasar (SD)

6. Menciptakan kesempatan kerja yang lebih baik

pentingnya pendidikan di dunia kerja
Pendidikan berperan penting pada masa depan kerja.

Salah satu alasan mengapa pendidikan itu penting adalah terciptanya kesempatan kerja yang lebih baik.

Mencari kerja bukanlah suatu hal yang mudah. Terkadang, Anda harus berkompetisi dengan ratusan atau bahkan ribuan kandidat lainnya demi mendapatkan posisi di dalam sebuah perusahaan.

Namun, dengan memiliki latar belakang pendidikan yang baik, Anda memiliki kesempatan untuk bisa bersaing dan mendapatkan pekerjaan impian.

7. Meningkatkan jumlah penghasilan

Dikutip dari Habitat Broward, orang-orang yang memiliki edukasi tinggi dan pengalaman lebih memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang lebih tinggi pula.

Pasalnya, perusahaan menyukai kandidat dengan latar belakang pendidikan yang baik. Di mata perusahaan, seseorang dengan latar belakang pendidikan yang baik dianggap lebih mampu bekerja keras dan bisa mencapai tujuan.

8. Mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah

Salah satu pentingnya pendidikan bagi manusia adalah mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Sebab, pendidikan mengajarkan kita untuk mendapatkan dan mengembangkan pemikiran kritis serta logis sehingga bisa meraih keputusan independen ketika dihadapkan dengan masalah.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa seseorang perlu mendapatkan pendidikan yang baik sejak dini. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat bertemu dengan berbagai macam masalah di dalam kehidupan.

Namun,, dengan pendidikan yang baik, Anda diharapkan dapat membuat keputusan dan usaha yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

9. Menciptakan masyarakat yang modern

Salah satu pentingnya pendidikan di Indonesia yang perlu diingat adalah menciptakan masyarakat yang modern.

Pendidikan dianggap sebagai salah satu kunci utama di dalam masyarakat modern. Pasalnya, seseorang perlu belajar budaya, sejarah, hingga aspek penting lainnya supaya mampu berkontribusi pada masyarakat modern.

Tidak hanya itu, pengaruh pendidikan terhadap masyarakat ini dapat membentuk karakter seseorang untuk menjadi pemimpin. Tidak hanya dengan ilmu pengetahuan, tapi juga emosi yang baik.

Kunci keberhasilan pendidikan anak

Setelah mengetahui pentingnya pendidikan untuk masyarakat, Anda juga harus memahami aspek yang mendukung keberhasilan tersebut.

Memilih sekolah yang bagus saja tidak cukup karena kesuksesan pendidikan seseorang sangat bergantung pada setidaknya tiga aspek, yaitu:

  • Peran orangtua

Pentingnya pendidikan perlu ditanamkan sejak dini dari dalam rumah. Jadi tidak heran kalau orangtua memiliki peranan penting di dalam pendidikan anak.

Orangtua biasanya adalah guru pertama anak sebelum ia masuk ke lembaga PAUD manapun, Anda juga yang memutuskan anak untuk masuk ke lembaga pendidikan yang baik.

Saat anak menginjak usia sekolah, orangtua juga harus terus memantauΒ perkembangan anakΒ dengan terus menjalin komunikasi yang baik dengan sekolah.

  • Efektivitas sekolah

Tidak dipungkiri bahwa sekolah memainkan peran besar pada pentingnya pendidikan. Di sekolah, seseorang akan belajar banyak hal, seperti disiplin, kemampuan sosial, hinggaΒ mengontrol emosi.

Sekolah yang baik juga akan selalu berusaha melibatkan orangtua dan komunitas dalam sistem belajar-mengajarnya sehingga tidak terkesan menutup diri.

  • Karakter guru

Pentingnya pendidikan juga dipengaruhi oleh karakter guru yang akan bertindak sebagai pengasuh, pengajar, sekaligusΒ role modelΒ bagi anak, setidaknya selama berada di sekolah.

Dengan bantuan guru pula anak akan belajar empati, saling menghargai, maupun sikap religius. Oleh karena itu, guru sangat disarankan untuk melihat anak sebagai individu dengan karakter berbeda agar potensinya juga dapat tergali dengan maksimal.