[Tentang Google] Fungsi layanan google play

Layanan google play Sering banget jikalau tersedia error aplikasi atau games di android, tentu hubungannya bersama dengan Google Play Services.

Namun apa sih ini sebetulnya? Kenapa mesti tersedia di Android, dan keliatannya mutlak banget? Pada peluang kali ini, kita bakal cobalah bahas secara tuntas tentang pengertian dan faedah google play services.

Aplikasi google play services ini bukan layaknya apps pada umumnya. Kalau kalian cobalah jalankan, tentu gak bakal muncul apa apa alias kosong.

Namun, anehnya program ini secara default udah terinstall di seluruh device android. Bahkan, terkadang ini program minta Update secara berkala, tetap muncul terhitung notifikasi Need Permission for Access dan tetap banyak lagi.

Namun mesti kalian tau bahwa aplikasi ini memang khusus dirancang oleh google untuk mengatasi bermacam macam pemakaian google apps pada device android.

Tentang layanan google play

Tentang layanan google play

Google Play Services adalah kumpulan API (coba baca pengertian API disini) yang berguna untuk menghubungkan beragam macam tugas pada apps google lainnya bersama proses android.

Namun selalu aja, sejak awal android dilaunching hingga sekarang ini masih banyak misteri yang belum terbeberkan tentang GP Service.

Fungsi dari Google Play Services

Kalian tetap ingat era dulu kurang lebih th. 2005 an? Betul banget, seluruh pengguna android terhadap sementara itu terasa kesulitan untuk melaksanakan update apps dari google.

Kita ambil perumpamaan aja Google Maps. Dulu sebelum tersedia Google Play Services, untuk mengupdate google maps, kalian harus mengupdate proses Android.

Bayangin aja, gadget style paling baru kalian di era itu telah gak support versi google maps yang terinstall secara default, konsisten jika rela update google maps gak dapat karena harus nungguin updatean proses Android.

Pastinya menyebalkan. Masalah berikut terhadap sementara itu terjadi karena terhadap dasarnya, google maps itu membuka bersama server google.

Maka benar-benar kemungkinannya sangat kecil untuk mengontrol update google maps tanpa memperbaharui proses API yang tersedia di android.

Nah beda bersama sekarang, kalian dapat memperbarui Google Maps secara otomatis melalui proses API dari apps google play service.

Sehingga, sekecil apapun tersedia pembaharuan di google server, seluruh aplikasi google akan secara otomatis dapat berguna di smartphone kalian. Tanpa harus kembali menunggu updatean proses Android.

Jadi secara singkatnya, bersama Google Play Service, kalian dapat menikmati segala udpate paling baru dari Google Apps yang membuka ke server google.

Semenjak rilisnya Android 9.0 (Lollipop dan seterusnya ke Marshmellow) aplikasi google play services telah jadi ekosistem signifikan dalam sebuah mesin android.

Cara Disable Google Play Services

Memang aplikasi ini memakan resource daya yang lumayan tinggi, karena selalu membuka bersama server google.

Namun kalian tidak kudu khawatir, karena admin menyaksikan banyak banget perubahan yang terjadi belakangan ini. Dibandingkan dulu, saat ini apps ini udah lebih ramah batere dan minim resource.

Kalau kalian menyaksikan gambar diatas, untuk menonaktifkan google play services sangatlah mudah. Namun aku amat tidak menganjurkan untuk dimatikan.

layanan google play

Kesimpulan

Untuk sebagian device android teranyar tahun 2017 dan 2018, fitur google play services bakal secara otomatis memperbaharui update.

Namun bikin pengguna device tipe lama, kalian bisa cari aplikasi ini di Google Play Store, atau bisa cek sebagian resource lain di internet untuk jalankan update.

Mudah-mudahan artikel singkat ini bisa menambahkan kalian sedikit pencerahan. Jika kalian punya pertanyaan silahkan tuliskan din kolom komentar. Semoga bermanfaat!

About Pangeran

Check Also

Aplikasi neo+ Aplikasi penghasil uang 2022

Aplikasi neo+ Aplikasi penghasil uang 2022

Aplikasi neo+ Saat ini tersedia banyak sekali aplikasi yang bisa Kamu pakai untuk melacak pendapatan …