Cara Print Bolak Balik PDF Manual Dengan Mudah

Globalkerja.net – Mencetak file pada dua sisi kertas dapat dilakukan dengan mudah menggunakan printer dupleks atau printer manual.

Jika Anda memiliki printer Duplex, tentu tidak menjadi masalah karena sudah memiliki kemampuan untuk mencetak bolak-balik secara otomatis. Tetapi bagaimana jika printer yang kita miliki adalah printer biasa?

Bagi yang memiliki printer biasa, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa mencetak bolak-balik dengan mudah, asalkan Anda tahu caranya.

Anda juga dapat mencetak semua jenis file, Termasuk file PDF. Nah bagi yang belum tahu cara mencetak bolak-balik PDF, silahkan simak tutorial berikut ini.

Cara Mencetak Manual Pdf Bolak-Balik

Untuk mencetak file PDF bolak-balik, pertama-tama kita harus menginstal aplikasi yang dapat membuka file PDF. Ada begitu banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan, dan salah satunya adalah Adobe Reader.

Aplikasi ini akan memungkinkan kita untuk mencetak file PDF bolak-balik atau biasa. Lalu bagaimana kita mencetak bolak-balik secara manual menggunakan Adobe Reader? Untuk lebih jelasnya silakan lihat di bawah ini.

Baca Juga: Video Bokeh Museum Internet 2021 Youtube Video Download Free

1. Unduh Adobe Reader

Nah bagi yang belum memiliki aplikasi Adobe Reader, silahkan download “disini”. Setelah aplikasi diunduh, maka kita hanya perlu menginstalnya.

2. Buka berkas PDF

Selanjutnya kita buka file PDF yang akan dicetak bolak-balik. Silakan klik pada file PDF, lalu pilih Buka dengan, lalu pilih Adobe Acrobat Reader DC

3. Buka Menu Cetak

Setelah file PDF terbuka, langkah selanjutnya adalah mulai mencetak. Caranya adalah dengan mengklik menu File, lalu pilih Print. Anda juga dapat menggunakan pintasan (CTRL + P) untuk langsung membuka menu cetak.

4. Mengatur Ukuran Kertas

Setelah Menu Cetak terbuka, maka kita harus mengatur ukuran kertas agar ukurannya sesuai dengan file PDF yang akan dicetak bolak-balik.

Caranya adalah dengan mengklik Menu Page Setup, kemudian memiliki ukuran kertas yang akan digunakan. Anda dapat memilih kertas ukuran A4 atau ukuran lainnya, sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Video Bokeh Museum Internet 2021 Youtube Video Download Free

5. Mengatur Cetak Bolak-Balik

Langkah selanjutnya adalah mengatur agar printer dapat mencetak bolak-balik. Anda melakukan ini dengan mengklik menu buklet.

Lalu memilih opsi kedua sisi yang tercantum di kolom subsite buklet. Kemudian beralih ke kolom opsi lainnya, pilih menu untuk mengatur halaman ganjil saja

6. Mulai Mencetak Bolak-Balik

Setelah selesai mengatur pilihan kertas dan cetak bolak-balik, maka selanjutnya kita tinggal mulai mencetak dengan mengklik tombol Print.

Harap tunggu proses pencetakan dimulai. Setelah satu sisi dicetak, maka kita harus membalik kertas untuk mencetak sisi lainnya.

About swordsman

Check Also

Museum Xxnamexx Mean Xxii Xxiii Xxiv Lights Bokeh Bokeh Full Jpg

Museum Xxnamexx Mean Xxii Xxiii Xxiv Lights Bokeh Bokeh Full Jpg

Globalkerja.net – Nah, untuk kalian yang saat ini tengah mencari Museum Xxnamexx Mean Xxii Xxiii …