By | September 28, 2021

Ada 11 Cara memulai bisnis secara online, berikut penjelasannya ?

1. Jadi reseller atau dropshipper

Reseller adalah seseorang yang menjual kembali produk orang lain. Sedangkan, dropshipper adalah seseorang yang menjual barang orang lain, namun mengatasnamakan diri sendiri atau akun pribadinya.

Keduanya merupakan jenis usaha di mana kita menjual barang menggunakan nama sendiri seakan-akan kita yang memiliki barang, tetapi sebenarnya barang dimiliki dan dikirimkan oleh pihak lain.

Namun, tentunya harga yang kita tentukan lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya agar kita memperoleh keuntungan.

Salah satu hal yang menarik dari usaha dropshipper adalah kita tidak perlu menyediakan stok barang untuk dapat memulai usaha sendiri. Sehingga, kita bisa menghemat biaya dan tidak perlu menyediakan modal untuk membeli barang di awal.

Caranya, temukan barang yang akan dijual, lalu buat akun untuk berjualan di situs e-commerce atau marketplace. Atau, kita juga bisa menggunakan media sosial untuk berjualan. Terakhir, promosikan produk yang kita jual. Mudah, bukan?

Dengan menggeluti bisnis ini, kita bisa saja mendapatkan keuntungan bersih Rp50 ribu – Rp300 ribu untuk setiap barang yang berhasil kita jual tergantung kepada kualitas dan kuantitas.

2. Menjadi agen asuransi

Mau pekerjaan yang terbilang santai tapi tetap menguntungkan banget untuk dijadikan penghasilan tambahan, coba aja jadi Mitra Lifepal sebagai agen asuransi.

Di sini kamu berpeluang mendapatkan penghasilan hingga Rp30 juta per bulan lho! Caranya mudah saja. Kamu cukup mendaftarkan diri di Agent Academy dan memberikan data-data pribadi.

Nanti kamu akan dibimbing tentang bagaimana cara menjadi agen asuransi yang andal sekaligus bisa menghasilkan penghasilan bulanan jutaan rupiah.

3. Menyediakan layanan jastip (jasa titip)

Selain menjadi reseller atau dropshipper, pasti kita sering beberapa kali melihat akun media sosial yang menawarkan jasa titip alias jastip.

Jastip adalah salah satu terobosan baru dalam berbisnis online tanpa modal dengan menawarkan titip belanja. Kita akan dibayar lebih karena telah membelikan barang titipan orang lain.

Dari sana, kita akan mendapatkan keuntungan berupa margin keuntungan atau upah jasa.

Caranya mudah, kita tinggal mendatangi tempat-tempat pusat perbelanjaan, lalu foto barang-barang yang ingin kita jual, kemudian upload ke media sosial. Dengan begitu, orang-orang akan bisa melihat barang apa saja yang kita jual.

Bisnis jastip untuk mendapat keuntungan melimpah biasanya dilakukan saat kita pergi ke luar kota maupun luar negeri, di mana orang-orang ingin membeli barang dari kota atau negara yang kita kunjungi tersebut.

Sama seperti menjadi reseller atau dropshipper, kita pun berpotensi menghasilkan keuntungan bersih Rp300 ribu – Rp500 ribu untuk setiap produk yang dijual.Menarik bukan?

4. Bisnis online sebagai influencer

Saat ini, media sosial tentu sudah memberi pengaruh banyak kepada kita sebagai penggunanya. Dari sini, profesi media sosial influencer memiliki peran yang cukup penting.

Pada mulanya, sosok social media influencer adalah selebritas yang populer lewat perfilman, politik, atau kegiatan sosial. Namun pada perkembangannya, siapa pun bisa menjadi sosok populer di media sosial selama mereka bisa memberi pengaruh positif bagi pengguna media sosial lainnya lewat berbagai postingan trendi yang bermanfaat.

Social media influencer tentu memiliki banyak followers dan sering mendapatkan banyak like atau comment pada setiap postingan pribadinya.

Namun dari mana profesi bisnis online tanpa modal ini bisa menghasilkan uang atau keuntungan? Tentu saja dari mendapatkan endorse dari produk yang dipromosikannya.

Sekali endorse, kita bisa mendapat penghasilan sebesar Rp2 juta – Rp5 juta, lho! Tentunya tergantung rate card yang kita tawarkan. Tertarik untuk menjadi influencer?

5. Youtuber

Siapa pun kini bisa menjadi seorang Youtubers, asalkan punya akun Youtube dan membuat konten menarik di dalamnya. Menjadi Youtuber atau juga video blogger (vlogger) cukup menjanjikan. Rata-rata vlogger bisa mengantongi dua digit dalam sebulan dari sebuah konten video.

Apalagi saat ini sudah banyak, kok, vlogger yang membuat video hanya dengan menggunakan kamera ponsel.

Keuntungannya, kita dapat dapat penghasilan dari endorse produk di dalam video atau iklan-iklan Google Adsense yang terpampang di video kita.

Sama seperti menjadi influencer, sekali endorse, kita bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp5 juta – Rp10 juta, lho, tergantung kepada rate card yang kita tawarkan. Jadi, bagaimana? Tertarik untuk mencari nafkah dengan menjadi Youtuber?

6. Menulis review di blog

Kamu bisa mendapatkan penghasilan hanya dari hobimu menulis, dengan menjadi seorang blogger

Untuk membuat blog secara gratis, kita dapat menggunakan WordPress, Blogger, Weebly, dan beberapa layanan pembuat website lainnya.

Setelah memiliki blog sendiri, kita dapat menyertakan iklan dengan menggunakan Google Adsense. Dari situlah kita akan mendapatkan penghasilan. Selain itu, kita juga bisa menjual jasa review atau sponsored post untuk menghasilkan pemasukan tambahan.

Sekali review atau mendapatkan tawaran sponsored post, kita bisa dapat penghasilan sebesar Rp500 ribu – Rp1 juta.

7. Penerjemah atau translator

Saat ini, sudah banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa penerjemah baik dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing maupun sebaliknya. Umumnya jasa yang dibutuhkan berbentuk penerjemahan dokumen dan takarir untuk film.

Untuk itu, usaha ini sangat cocok buat kamu yang punya kemampuan bahasa asing. Hanya bermodal komputer atau laptop saja, kamu dapat penghasilan sebesar Rp100 ribu – Rp500 ribu!

8. Jasa desain

Kalau tadi kita bisa menjual keahlian menerjemahkan bahasa, kali ini jika memiliki hobi menggambar atau membuat desain, kita juga bisa menjual jasa desain untuk bisnis online tanpa modal.

Sama seperti menjadi penerjemah, kita juga hanya perlu memiliki komputer atau laptop untuk membuat desain. Mulai dari mendesain logo, ilustrasi, dan lain sebagainya.

Dengan menjual jasa ini, minimal Rp500 ribu – Rp1 juta sudah bisa kita terima atas setiap desain yang terjual.

9. Bisnis online menjadi fotografer

Hobi fotografi? Sama seperti desain, fotografi juga salah satu keahlian yang bisa menghasilkan uang. Makanya, tidak ada salahnya kita mencoba bisnis online tanpa modal yang satu ini.

Kita bisa mulai menawarkannya kepada kerabat-kerabat terdekat melalui media sosial atau membuat website sendiri yang berisi contoh-contoh foto kita.

Kalau memang sudah lama memiliki hobi fotografi, tentu tidak memerlukan modal tambahan lagi selain kamera yang sudah kita punya, bukan? Untuk sekali menawarkan jasa, kita bisa meraih keuntungan Rp3 juta – Rp5 juta untuk setiap acara seperti pernikahan, lho.

10. Menjadi admin media sosial

Saat ini hampir semua orang gak bisa hidup tanpa media sosial. Makanya, banyak perusahaan atau produk yang memakai media sosial untuk media promosi mereka. Nah, di sinilah peluang kamu untuk menjadi seorang admin yang mengoperasikan medsos perusahaan atau sebuah produk.

Setiap minggunya kamu harus memikirkan konten yang menarik agar jumlah followers dan interaksi meningkat.

Mengenai bayarannya beragam, mulai dari Rp500 ribu – Rp2 juta, tergantung kesepakatan kamu dengan klien.

11. Guru les online

Kalau kamu punya bakat mengajar atau malah lulusan jurusan pendidikan, kamu bisa mencoba jadi guru les secara online.

Dengan menjadi guru les online ini, kamu menyediakan bahan ajar melalui video, audio, maupun secara live menggunakan Zoom, Google Meet, dan aplikasi sejenis.

Seorang guru les online bisa mengantongi Rp2 juta – Rp5 juta sebulan. Tergantung berapa murid yang kamu ajarkan. Kamu juga bisa menjual materi secara digital alias e-book, lho. Menarik, kan? Tetapi pastikan kamu punya kuota yang cukup, ya.

Itu tadi tips dan cara memulai bisnis online dari nol dan beberapa rekomendasinya yang mudah-mudah bisa menjadi inspirasi kamu.