By | September 28, 2021

Bagaimana Cara supaya Tidak Pengangguran ?, Begini solusinya

1. Punya jadwal kegiatan-hari

Memang belum ada jadwal bertemu atau bertemu klien yang tertata untuk kamu yang sedang tidak bekerja. Tidak ada aturan tertulis juga mengenai jam pelaksanaan setiap kegiatan dan jika melanggar. Meskipun demikian, ada baiknya ketika membuat catatan kamu mulai mencatat kegiatan-kegiatan di malam sebelumnya.

2. Bangun pagi dan merapikan kamar atau rumah

Biasanya kalau sedang tidak punya kegiatan rutin, akan terlihat langsung dari jam tidur dan jam bangun pagi. . Buat mantan anak kost yang setelah lulus kembali tinggal dengan orang tua, pasti sangat paham situasi ini.

3. Bijak menggunakan uang, jangan sampai merepotkan orang tua

Kalau kamu ada di kondisi ini, sebaiknya kurangi frekuensi dan belanja online selama masih ada gerakan.

Beberapa orang tua memang bisa saja tidak menyenangkan untuk menyenangkan anaknya dengan memenuhi kebutuhan ini dan itu. Di sisi lain, tujuan orang tua menyekolahkan anaknya tentu agar anak bisa mandiri di kehidupannya setelah lulus. Beruntung kalau orang tuamu berbaik hati, tapi kamu harus tetap bijak untuk memakai uang yang diberikan.

4. Banyak komunikasi dan tukar pikiran dengan teman-teman

Masih menjadi penganguran bukan berarti kamu harus jadi kuper alias kurang pergaulan. Tetap jalin komunikasi dengan teman-teman yang sudah bekerja atau yang sesama gerakan sekalipun. Siapa tahu ada kesempatan terbuka yang datang dari salah satu temanmu. Memang, seringkali merasa kurang percaya diri saat harus berhadapan dengan teman yang sudah jauh lebih tinggi atau sedang beradaptasi dengan pekerjaan baru.

5. Opening usaha kecil-kecilan

Pengaruh media sosial saat ini sangat membuka peluang buat siapapun berbisnis dan menjajakan jasa. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa atau kamu yang baru lulus dan masih membuka usaha kecil-kecilan menggunakan media sosialmu untuk berbisnis.

6. Kerja paruh waktu

Kerja paruh waktu cocok untuk membuat gerakan yang tidak terdesak masalah finansial dan masih bingung menentukan sektor pekerjaan yang ingin ditekuni. Gaji paruh waktu memang tidak sebesar pegawai tetap, tapi kamu jadi punya penghasilan dan bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-harimu. Minimal kalau mau pergi ke kafe dengan teman sudah tidak perlu minta orang tua dan bisa beli kuota internet sendiri, bukan?

7. Manfaatkan waktu bersama orang tua

Hal sederhana yang sangat bisa dilakukan tapi sering luput dari perhatianmu adalah keberadaan di tengah keluarga. Sebagai gerakan, memang kamu tidak punya banyak uang untuk dibelanjakan bersama orang tua.

8. Aktif mengikuti bursa kerja dan jangan putus asa

Trik terakhir agar kamu tidak termasuk kelompok genre mainstream tetap proaktif. Jangan hanya menunggu panggilan saja, tetap ke acara job fair yang berkualitas, bisa jadi ada orang yang akan kamu temui di acara tersebut dan memberi pencerahan untuk masalahmu sebagai gerakan.